Kamis, 12 Desember 2019

Telinga Berdenging Ternyata Dapat Menjadi Penanda Suatu Penyakit

Posted By: siti aisyah - Desember 12, 2019

Share

& Comment


Suara dengingan yang muncul di dalam telinga seringkali membuat penderitanya terganggu apalagi jika berlangsung dalam waktu lama. Telinga berdenging atau dalam dunia medis disebut tinnitus sebenarnya bukan tergolong masalah serius, namun dalam kasus tertentu boleh jadi merupakan pertanda adanya penyakit yang diderita. Apa saja penyakit yang mungkin ditandai oleh suara dengingan?

Telinga Berdenging Ternyata Dapat Menjadi Penanda Suatu Penyakit

Beberapa Penyakit yang Mungkin Timbul

a.    Tumor otak
Suara dengingan yang muncul biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu singkat. Namun, apabila dengingan terus menerus muncul maka saatnya Anda waspada karena bisa jadi itu merupakan pertanda suatu penyakit, salah satunya tumor otak. Umumnya, jenis tumor otaknya masih dalam golongan jinak namun tetap harus ditangani oleh dokter agar tidak mengganas.

Munculnya jaringan abnormal pada otak yang terus menerus tumbuh akan mendesak bagian-bagian dalam otak termasuk bagian yang terhubung dengan pendengaran. Oleh sebab itu, banyak efek samping yang ditimbulkan salah satunya adalah suara dengingan. Tumor otak jinak atau yang disebut dengan neuroma akustik dapat tumbuh mengganas sehingga perlu diwaspadai sejak dengingan mulai terasa.

b.    Kelainan pembuluh darah
Penyakit lain yang ditandai oleh suara dengingan pada telinga adalah displasia fibromuskular atau FMD. Seseorang yang menderita FMD mengalami kelainan pada pembuluh darah karena pertumbuhannya tidak wajar. Kelainan tersebut mengakibatkan komplikasi pada beberapa bagian-bagian tubuh termasuk telinga sehingga suara dengingan kerap muncul. Semakin sering maka akan membuat penderita tidak nyaman.

Selain penyakit displasia fibromuskular, suara dengingan juga dapat menandakan kadar kolesterol yang tinggi sehingga memicu penyempitan pembuluh darah di telinga atau disebut dengan aterosklerosis. Penyempitan tersebut mengakibatkan pembuluh darah tidak elastis sehingga aliran darah tidak berjalan lancar dan menimbulkan tekanan yang kuat. Kondisi tersebutlah yang memicu keluarnya suara dengingan.

c.     Meniere
Suara berdenging pada telinga juga merupakan salah satu gejala penyakit meniere yang umum dirasakan. Oleh sebab itu, apabila tiba-tiba dengingan muncul dan sangat mengganggu maka harus segera diperiksakan ke dokter agar dilakukan tindakan pencegahan. Penyakit meniere adalah gangguan pada telinga bagian dalam yang disebabkan oleh jumlah cairan yang keluar secara abnormal.

Pada awalnya, penyakit meniere hanya menyerang salah satu bagian telinga saja, namun lama-lama akan menyerang bagian yang lain juga. Selain telinga yang berdenging, penderita meniere seringkali mengalami mual, dan vertigo sehingga memerlukan penanganan yang serius. Hal yang harus dihindari oleh penderita meniere antara lain merokok, dan mengonsumsi makanan tinggi garam.

Dengingan pada telinga kerap dianggap angin lalu, namun setelah mengetahui penyakit yang mungkin muncul maka Anda harus mulai waspada dan langsung berkonsultasi ke dokter apabila mengalaminya. Selain tiga penyakit tersebut, masih terdapat beberapa jenis penyakit lain yang mungkin muncul seperti cidera bagian kepala, diabetes, kehilangan kemampuan mendengar, dan gangguan fungsi rahang.

About siti aisyah

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

Copyright © 2013 gamezoneproject.com™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Powered By Blogger | Published By Pro Templates Lab